tak berkategori

ini tentang bunga dan lebah dan pohon

“kadang kita harus bertemu dengan sesuatu yang tidak baik untuk dapat mensyukuri kebaikan-kebaikan yang sebenarnya sudah ada dan sangat dekat dengan kita.”

 

pohon
sudah enam tahun ini lebah berumah didahanku. aku pohon kurus yang menyenangkan. lembut dan aku menyayanginya sepenuh hati. meski tak banyak daging yang bisa dipeluk. tapi daunku banyak, dan rantingku bercabang sehingga membuat sekitarku terlindungi dari panas matahari. enam tahun bersama membuat aku mengerti hampir semua kebiasaan dan sifat lebah. berkali-kali lebah berusaha pergi ke pohon lain. tapi akhirnya dia kembali. kepergiannya kadang membuat airmataku menetes karena sedih. dia  tahu aku sedih. entah apa yang diinginkannya. dahanku yang kurus yang makin lama makin kurus karena lebah menempati hampir seluruh rongga dahannya. dan aku memiliki kebiasaan pola makan yang tidak baik.

lebah
aku lebah jantan muda yang tampan dan memiliki banyak teman. enam tahun bersama pohon membuatku menyayanginya. aku jadi merasa terlalu bergantung padanya. kadang bahkan pohon terlalu mengikatku. tak diijinkannya aku terbang dan tinggal dipohon lain. kadang dia mengijinkan aku sementara tinggal didahan pohon lain. tapi aku tak tahan dengan ekspresi sedihnya. aku tak tahan melihatnya menangis dan tak makan berhari-hari. padahal aku ingin pergi bersama teman-temanku hinggap dari pohon yang satu ke pohon yang lain. dari bunga satu ke bunga yang lain.

pohon
kali ini lebah meninggalkan aku lagi. biarlah. aku yakin beberapa hari nanti dia pasti akan kembali. bukankah itu yang selalu dilakukannya selama ini. meski kadang saat pulang tatapan matanya berubah menjadi penuh emosi. dan aku tidak perlu menanyakan dari mana saja dia. dia tak pernah ingin ditanya. dia pergi bila ingin pergi. dan datang bila ingin kembali. aku menyebutnya masih berusaha mencari jati dirinya.

namun ada yang berbeda dengannya kali ini. lebah tak lagi penuh cinta memandangku. malah justru sorot mata kebencian yang dia hadirkan untukku. apa yang sudah aku lakukan yang membuat dia sangat marah? dia bahkan tak ingin lagi bicara denganku. jika terpaksa bicara dia tidak lagi mau memandang wajahku. ada apa?
teman-teman lebah mengatakan dia pun mulai menjauh dari kumpulan mereka. lebah tak lagi peduli dengan kehadiran ataupun undangan dari teman-teman lebah. aku ingin mencoba mengingatkannya, menanyakan kabarnya. tapi lebah tak lagi bisa didekap. lebah sudah tak lagi mencintai pohon yang selama ini ditinggalinya. lebah sudah tak lagi ingin beramah-tamah dengan pohon tempat selama ini hidup. lebah ingin terbang sejauh mungkin. ya.. lebah sedang jatuh hati.

bunga
dia bunga. hampir semua kriteria ada didirinya. baru mekar, cantik, baik, pintar, harum dan atraktif. sehingga mustahil bila tidak ada lebah yang mendekat. ternyata lebah jatuh hati pada bunga dan berusaha mendekati bunga dengan cara apapun. bunga dan lebah. sepertinya adalah pasangan yang cocok. tidak ada yang salah dengan hubungan ini. bunga pun sepertinya memberi peluang untuk didekati.

bunga baru saja bertemu lebah. bunga tidak tahu jenis seperti apakah lebah ini. bunga juga belum begitu mengenal lebah. tapi semua bisa dibuat, semua bisa direkayasa dalam waktu singkat. hanya butuh sekali hembusan saja bagi angin untuk menyampaikan cinta lebah kepada bunga.
bunga menerima cinta lebah. lebah dan bunga bahagia. berhari-hari lamanya lebah tak lagi kembali ke pohon. lebah mulai angkuh. lebah merasa sudah tidak memerlukan pohon lagi.

pohon sedih. sendiri. sudah tak lagi dipedulikan. sangat sedih saat lebah benar-benar ingin melupakannya. seakan semua yang terjadi selama enam tahun ini sudah tak lagi penting. berbagai usaha sudah dilakukan pohon untuk mengingatkan lebah. bunga cantik. sedang mekar-mekarnya. banyak sari-sari yang bisa diambil lebah. tapi waktu akan mengubah bunga menjadi buah atau mungkin saja layu. tapi lebah seperti tak lagi punya telinga. tak sanggup lagi mendengar apapun.

sedih membuat pohon semakin hari semakin kurus. ditambah dengan pola makan yang sangat buruk pohon sakit. berhari-hari pohon sakit. tapi tak sekalipun lebah datang mengunjungi. beruntung pohon masih memiliki daun dan ranting yang banyak. yang masih bersedia menghiburnya disaat angin datang menggerak-gerakkan dahan kurusnya.

untuk kali ini pohon berjanji. demi kebahagiaan lebah, akan melupakan lebah dan merelakan kepergian lebah bersama bunga. dan kerelaan hatinya membuat pohon semakin sehat, bertenaga dan memperbaiki semua bagian tubuhnya yang rusak. Pohon siap bermain-main lagi dengan teman-temannya. pohon sadar, dia tidak memerlukan airmata untuk berteman dengan daun dan ranting. daun dan ranting selalu membuatnya bahagia dengan caranya sendiri.  ranting berkata: “pohon, kadang kita harus bertemu dengan sesuatu yang tidak baik untuk dapat mensyukuri kebaikan-kebaikan
yang sebenarnya sudah ada dan sangat dekat dengan kita.”

hingga suatu saat bunga dipetik, lebah sedih. lebah ingin kembali kepohon. tapi dengan tegarnya pohon menolak. pohon menyarankan agar lebah terbang mengikuti angin meniupnya. mungkin dengan begitu lebah akan sampai kepada bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *