tentang harian

international women’s day, hari perempuan (hebat) sedunia


hari ini, delapan maret. diperingati sebagai hari perempuan sedunia. sampai-sampai mesin pencari google pun menampilkan logo khususnya. menurut saya, tidak berlebihan jika dijadikannya satu hari khusus untuk memperingati kehadiran perempuan dibumi ini.

karena, lagi-lagi menurut saya yang keminter ini, seorang perempuan itu, mampu menjadi dirinya sendiri, memiliki kekuatan besar didalam dirinya untuk mengubah keadaan hidup dan lingkungannya.

dan saya yakin, dunia ini pun ikut berkembang dengan hadirnya perempuan-perempuan hebat.

yang lebih hebatnya lagi, perempuan-perempuan hebat ini mampu ber ‘jungkir balik’ untuk tetap melakukan tanggung jawabnya sebagai ibu dirumah sekaligus berjaya diberbagai bidang pekerjaannya.

disekeliling kita, hampir disemua tempat ada pelaku pekerja perempuan. tidak sedikit lapangan pekerjaan yang dulunya hanya dilakukan oleh laki-laki, sekarang ini sudah dilakukan oleh perempuan kan?


 jadi ingat beberapa waktu lalu, saat pergi ke tempat pijat dan relaksasi. saya dipijat oleh seorang ibu setengah baya yang sedang hamil.

usia kehamilannya saat itu enam bulan. sehari beliau bekerja sembilan jam. dari pukul sepuluh pagi hingga pukul delapan malam. dan mendapat tugas memijat sedikitnya delapan orang per hari. si ibu tidak bisa memilih siapa yang harus dipijatnya. artinya, mungkin saja jika dia harus memijat orang yang lebih besar darinya. yang sudah pasti membutuhkan tenaga lebih banyak. karena tidak ada pengecualian bagi wanita hamil sekalipun.

pekerjaan memijat tetap dilakukannya meski sedang hamil, alasannya untuk membantu perekonomian keluarga. karena kehamilan itu adalah kehamilan keduanya, maka saat si ibu bekerja, anak sulungnya dibantu diasuh oleh sang nenek.

waktu itu saya bertanya, apakah ditempatnya kerja itu diperbolehkan cuti saat melahirkan nanti. beliau menjawab, bahwa disana hanya diberikan ijin selama satu hingga dua minggu saja. jika tidak masuk lebih dari dua minggu maka akan digantikan dengan orang lain. bukannya itu artinya dipecat??

 

kemudian ada cerita teman yang baru saja masuk dari cuti melahirkan. dia selalu memerah ASI untuk kedua bayi kembarnya saat jam kerja.

ditempatnya bekerja tidak disediakan ruangan khusus untuk memerah ASI, sehingga dia selalu melakukannya disebuah ruang kosong yang berfungsi untuk tempat pertemuan.

suatu hari, teman saya ditegur. mungkin lebih tepat dikatakan dilarang memerah ASI diruang itu. alasannya karena penyalahgunaan fungsi ruangan.

akhirnya dia memerah ASI didalam gudang, karena itulah ruangan yang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. dari cerita teman saya ini menunjukkan bahwa sesibuk apapun pekerjaannya hari itu, dia tetap mampu melakukan kewajibannya memberi ASI untuk bayi-bayinya.

 

masih banyak cerita sederhana lain yang ternyata menunjukkan kehebatan perempuan. bahwa perempuan mampu melakukan multitasking. bekerja tanpa meninggalkan kewajiban rumah tangganya. jujur, mereka semua hebat.

kalau saya ditanya, siapakah figur perempuan idola. saya akan susah menjawabnya. karena buat saya semua perempuan itu hebat. semua perempuan punya keahlian masing-masing dalam mengelola hidupnya. hidup perempuan! *nyengir*

foto dari adiaprabowo.multiply.com

karena setiap orang adalah inspirasi bagi orang lain ~ @kartikajahja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *