tentang harian

jatuh bangun itu biasa

saat terjatuh, tersenyumlah. karena orang yang pernah jatuh adalah orang yang sedang berjalan menuju keberhasilan ~ @aryginanjar165

 

semangat belajar berjalan

adakah yang tak pernah terjatuh dalam hidupnya? kalo ada, maka menurut saya hidupnya belum sempurna. dia hanya tau bagaimana cara melangkah. tanpa tau rasanya sakit.

pernah perhatikan seorang anak kecil yang baru belajar jalan kan? pernah lihat mereka terjatuh? jawabannya: sering.  respon pertamanya saat terjatuh adalah menangis. tapi belum pernah melihat mereka kapok dan tidak mau belajar jalan lagi.

jatuh itu hukuman (?)

beberapa waktu lalu saya pernah membaca tulisan seseorang di status media sosialnya, “bahwa kegagalan seseorang saat ini adalah hasil dari perbuatannya dimasa lalu.”

entah kenapa, saya kok jadi sedih ya membacanya. kenapa sih disaat gagal pun masih juga disalahkan bahwa ini adalah hasil dari perbuatannya dimasa lalu? siapa sih yang pingin gagal? siapa sih yang mau terjatuh? jadiii.. masa sih kamu tega mengucapkan kalimat itu disaat melihat temanmu terjatuh? (boros kata “sih” :))

lagi-lagi, kalau menurut saya (yang agak keminter ini), saat terjatuh kita diberi kesempatan untuk banyak belajar. diberi kesempatan untuk berhenti sejenak dan berinterospeksi diri. diberi kesempatan untuk melihat, sudah benarkah jalan yang dipilih ini.

saat terjatuh kita diajarkan untuk tidak angkuh. bayangkan jika kamu tak pernah merasa salah, betapa kamu merasa menjadi orang yang paling benar.

dan saat terjatuh kita diberi kesempatan untuk melihat ketulusan persahabatan. karena sahabat sejati tak akan pernah pergi disaat kita terjatuh.

 

masa lalu, letaknya dibelakang

dalam sesi curhat sore ini pun saya banyak mendapatkan pelajaran yang tak ternilai dari pengalaman hidup seorang teman.

menurutnya, tidak pernah ada tuh orang yang merencanakan kegagalan. maka siapkan mental untuk segala kondisi. karena kekuatan yang sesungguhnya bukanlah seberapa kuat kita berjalan. tapi seberapa cepat kita bangkit dari jatuh.

bahwa selalu ada kemungkinan disetiap hal yang tidak mungkin terjadi sekalipun. bahkan disaat berada dalam kepasrahan totalnya, teman saya ini merasa seperti ditunjukkan kekuatan yang luar biasa. karena itu, tak selamanya logika mengalahkan segalanya.

salut untuk usahanya bangkit dari kegagalan. dan salut untuk kebesaran jiwanya yang  menjadikan setiap hal sebagai pelajaran hidup.

saat dimana saya baru bisa sebatas berpikir bahwa masa lalu itu ya letaknya dibelakang. jika kita mau maju, tak perlulah sering-sering menengok kebelakang. hanya akan menyulitkan perjalanan saja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *