tentang dapur

Bakwan Jagung Manis

kalo bikin makanan ini gak bakalan tahan lama. meskipun niat awalnya untuk lauk makan, tapi ujung-ujungnya pasti habis buat cemilan deh. siapa aja yang kebelakang pasti kayak disengajain banget melipir-melipir kearah tudung saji dan akhirnya nyomot satu persatu. alesannya sih “tes racun..” alhasil pas waktunya makan malah udah tinggal beberapa biji aja. kadang malah gak sampe waktunya makan sudah keburu habis 🙂

Camera 360sebelumnya suka bingung bedain antara dadar jagung dengan bakwan jagung. setelah baca di blog-blog para food blogger baru tau deh bedanya. ternyata bedanya adalah di bentuk jagungnya. kalo untuk dadar,  jagungnya dihaluskan, sedangkan untuk bakwan, jagungnya dibiarkan utuh. tapi tetep ada catatan diresepnya, semua kembali ke selera masing-masing juga.

berarti yang saya buat ini seharusnya namanya bakwan dadar jagung dong ya, karena sebagian jagungnya saya haluskan barengan dengan bumbunya. tapi kok jadi panjang amat ya namanya, bakwan dadar jagung. padahal umurnya gak panjang-panjang banget. begitu jadi langsung HAP! kunyah-kunyah, ilang deh 🙂 🙂

pastinya semua sudah pernah bikin bakwan jagung ini. tapi pastiii ada tips-tips rahasia yang bikin hasilnya istimewa kan. kalo saya dapetin resep ini dari ibu. mungkin ibu juga dapet dari ibunya lagi. tapi demi kepraktisan teteup doong ada yang diganti. kalo ada yang instan kenapa harus nyari yang ruwet ya hihi..

bahan:

5 buah jagung manis ukuran sedang yang dipipil

3 sendok makan tepung terigu

½ sendok teh baking powder

1 lembar daging asap dipotong bentuk kotak /daging ayam cincang yang sudah direbus (saya pake 2 lembar daging siap pakai yang biasa dipakai untuk burger)

3 lembar daun bawang bagian yang berwarna hijau, dirajang halus

1 butir telur

1 lembar daun jeruk, dicincang halus

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu:

1 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 buah cabe merah besar

3 buah cabe rawit merah

 

Cara:

–       haluskan semua bahan bumbu ditambah 2 sendok makan jagung pipil.

–       campur semua bahan dan bumbu. aduk hingga rata

–       goreng hingga sedikit kecoklatan. lalu angkat dan tiriskan.

kan gampang kan.. jagung pipil yang dihaluskan bikin rasa bumbunya menyatu dengan jagung. sedangkan jagung pipil utuhnya menjadikan bakwan ada efek “kletus-kletus” saat dimakan. juga, potongan daging yang menyembul diantara jagung itu lo yang bikin nagih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *