tentang Cah Bagus, tentang harian

Selamat Ulang Tahun Abhi..

20131212_183304

ini sesi cerita abhi yang telat diposting. kamis 12 desember minggu lalu abhi genap 1 tahun. kami menyebutnya the amazing 1. ya betapa tidak, satu tahun yang sebenarnya tak sanggup kami ceritakan dengan bahasa apapun. satu tahun pertama dilewati abhi dengan berbagai kisah, keajaiban-keajaiban yang sangat merinding untuk dirasakan.

dari mulai kisah awal kelahirannya yang bener-bener apa ya namanya.. saya sih bilangnya ini heroik banget. kalo ada yang mau bilang ini lebay ya monggoooo… 🙂 karena menurut kami, abhi bener-bener berjuang untuk hidup.

hari demi hari yang kami lewati jadi terasa panjang. jika sudah melewati tanggal 12 setiap bulannya kami berdua selalu berucap “alhamdulillaah sudah terlewati satu bulan”, ….dua bulan, dan seterusnya. sampai saat ketika abhi berhasil melewati pengalaman kateterisasi jantungnya barulah kami bisa bernafas lega.

lalu ketika baruuu saja abhi menjalani ‘hidup baru’ dengan ‘jantung baru’ nya, dokter Eka menyarankan kami untuk menemui dokter tumbuh kembang anak. beliau merekomendasikan dokter Sri Kandyawati SPRM. deg-deg-an lagi, takut lagi, dan bingung lagi. itu yang saya rasakan.

untungnya dokter Sri Kandyawati yang berpraktek di Poli Rehab Medik di RSU Sanglah Denpasar itu saaaangat baik.. kesan pertama bertemu, beliau adalah seorang dokter yang enak untuk diajak berdiskusi. mungkin juga karena sebagian besar pasiennya adalah kasus yang sama seperti abhi, jadi beliau mengerti sekali dengan kondisi kami bahkan sebelum kami bercerita. kebetulan dokter seperti itulah yang kami butuhkan. karena kami agak malas jika harus bercerita lagi dari awal. bukan apa-apa, tapi lebih karena saat bercerita itu emosi kami pasti akan bercampur aduk lagi dibuatnya.

saat pertama bertemu dokter Sri langsung bilang, sepertinya abhi termasuk anak Down Syndrome. untuk lebih memastikan dibutuhkan tes kromosom. dari hasil tes tersebut akan diketahui terapi apa yang dibutuhkan abhi untuk tumbuh kembangnya. dokter Sri tidak memaksa kami melakukan tes itu. pilihan sepenuhnya ada ditangan kami. dan kami memutuskan untuk tidak melakukan tes tersebut. karena bagi kami apapun hasilnya abhi tetap memerlukan terapi untuk penguatan tulang dan ototnya. karena apapun hasil tesnya tidak akan mengubah rasa kami untuk abhi. 

perkembangan abhi tidak sama dengan anak-anak sebayanya. cenderung lebih lambat. diusia 1 tahun ini abhi baru belajar duduk. dan kalau anak sebayanya sudah mulai memakan makanan kasar abhi masih harus makan bubur saring. meski begitu kami sangat selangit-rasanya jika ada perkembangan abhi yang baru walaupun mungkin bagi anak lain itu sudah biasa. tapi kami bersyukur karena staminanya cukup kuat. 

satu yang selalu mengagumkan dari abhi, dia selalu semangat. selalu ingin cepat bisa. semangat ini yang membuat kami terus berenergi melewati tahapan-tahapan belajar abhi, tahapan belajar untuk kami juga. iya, perjalanan ini masih sangat panjang. energi ini yang kami butuhkan untuk tetap bersama melewati setiap kejadian 

satu hal yang selalu kami ingat dari pesan dokter Sri, agar kami terus bersabar dalam merawat Abhi. karena memang rentang waktu yang dibutuhkannya lebih banyak dari anak-anak lainnya. siiip, tengkyuh bu dok, semoga selalu dipanjangkan sabar kami. kan katanya “special children are born to special people” yaaa.. mung-kin aja.. masih mungkin lo yaaa… hehe.. mungkin (semoga) kami termasuk dalam kategori spesial (amiin) 🙂

dan Abhiii… selamat ulang tahun cah bagus, panjang umur sehat wal afiat, selalu bahagia, dan selalu diberi kemudahan ya Le.. Amiin.. :*

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *